Rabu, 28 Oktober 2009

H Ridwan Mukti Galakan cinta makan lokal

Musirawas, Hari jadi Pangan sedunia yangBupati Kab. Musi Rawas H. Ridwan Mukti ke-29, Pemkab Musirawas, Provinsi Sumatera Selatan, mari cinta serta mengkonsumsi makanan lokal maupunmakanan dalam negeri.

“Bupati mMusirawas H Ridwan Mukti, menghimbau kepada kepadamasyarakat dalam mengadakan acara agar selalu menyediakan makan-makanan yang bahannya dari lokal maupun dalam negeri saja.

Dihimbau kepada dinas terkait untuk mensosialisasikan potensi makanan lokal yang ada, seperti penggunaan labu kinung (Peringgi).”kata Bupati Musi Rawas, H Ridwan Mukti, saat peringatan hari pangan sedunia yang ke-29 dan di pusatkan di Gedung Dekranasda, Kecamatan Tugumulyo, Rabu.

“Bertepatan dengan hari jadi pangan ini, Ridwan Mukti juga menetapkannya sebagai hari gerakan cinta makanan lokal, untuk kabupaten Musirawas.”

Dikatakannya, Indonesia saat ini diminta untuk jadi lumbung pangan sedunia dan salah satunya ialah Kabupaten Musi Rawas. Karena selama ini daerah tersebut dikenal sebagai lumbung pangan Provinsi Sumsel dan jadi pemasok bahan pangan nasional.

Peringatan hari pangan sedunia itu sendiri, kata dia hanya diutamakan pada daerah-daerah yang sudah berswasembada pangan. Dimana ketahanan pangan merupakan bentuk dari kemandirian dalam mencukupi kebutuhan pangan daerah sendiri.

Kabupaten Musi Rawas, tambah dia bukan saja sebagai lumbung pangan Sumsel yang hasil produksinya bukan saja di konsumsi daerah setempat tetapi untuk memenuhi daerah-daerah lain di Sumsel, terutama kebutuhan beras dan menjamin akan tidak ada beras impor yang masuk ke daerah itu.@ Yas

0 komentar: